Kamis, 11 April 2019

Berencana Kredit Mobil? Perhatikan 5 Poin Ini


Kredit mobil kini menjadi salah satu alternatif terbaik bagi siapa pun yang ingin memiliki mobil namun terkendala biaya. Betapa tidak, memiliki mobil adalah salah satu kebutuhan manusia yang harus ada. Namun, tidak semua masyarakat menjadikan mobil sebagai kebutuhan utama. 

Kalaupun menginginkan membeli sebuah mobil, pastinya mendambakan mobil dengan kualitas bagus, elegan, stylish dan hemat bahan bakar. Sebenarnya untuk mencapai itu semua, kita harus tahu seberapa besar kemampuan yang dimiliki. Ketika memiliki budget lebih, tidak ada salahnya membeli mobil mewah, namun jika budget terbatas, ada baiknya memilih mobil yang standar saja.

Membeli Mobil Secara Kredit
Tak jarang kualitas mobil ini juga dipengaruhi oleh harganya.  Namun harga mobil yang kian melangit seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang. Alhasil membeli mobil secara kredit menjadi pilihannya. Apabila Anda pun berencana membeli mobil secara kredit, ada baiknya memperhatikan ulasan berikut ini agar dapat melakukan kredit mobil dengan tepat.

1. Kenali kebutuhan Anda
Sebelum membeli mobil, sebaiknya mengetahui lebih dulu apa tujuan Anda membelinya. Apakah memang nantinya digunakan untuk kepentingan pekerjaan, atau sekadar untuk gaya-gayaan.

Hindari membeli mobil hanya karena ikut-ikutan ya. Terlebih jika kondisi keuangan kurang memadai. Mengetahui tujuan membeli mobil juga berkaitan dengan jenis mobil yang nantinya akan dibeli. Jadi jangan asal membeli mobil tanpa pertimbangan ya!

2. Perhatikan jumlah tabungan Anda
Meski nantinya akan membeli mobil secara kredit, bukan berarti Anda tidak perlu mempertimbangkan jumlah tabungan. Sebab nantinya Anda membutuhkan sejumlah dana sebagai DP, lalu setiap bulannya harus membayar cicilan kredit. Jadi pastikan dulu bahwa tabungan Anda cukup untuk meng-covernya.

3. Perhatikan uang muka yang akan ditargetkan
Kenali pula sistem kredit yang diberlakukan oleh penyedia kredit. Ketahui juga berapa dana DP yang nantinya harus Anda bayarkan. Hal ini penting karena jumlah DP yang dibayarkan akan berkaitan dengan jumlah cicilan yang akan dibayar per bulannya.

Ketika DP-nya sedikit, maka memungkinkan jumlah cicilan yang lumayan. Sebaliknya, ketika DP yang diberikan lumayan banyak, ini setidaknya akan membuat jatah cicilan Anda lebih ringan.

4. Survei kondisi mobil
Dalam melakukan survei atau penilaian mobil memang kelihatan mudah jika hanya melihat sekilas dari segi fisik saja. Namun perlu diketahui bahwa kondisi mobil tidak dapat disimpulkan dari tampilan luarnya saja. Ya, Anda harus memperhatikan kualitas mesin dan komponen lainnya.

Ajaklah kerabat atau teman yang memahami seluk beluk mobil. Setidaknya mereka akan membantu Anda menilai apakah mobil yang akan dibeli memang sesuai dengan yang Anda cari atau tidak.

5. Lakukan simulai kredit untuk membayar cicilan mobil

Simulai kredit menjadi hal penting untuk menentukan seberapa besar kemampuan Anda membayar cicilan mobil secara kredit. Untuk melakukan perhitungan secara otomatis mengenai harga mobil, pengguna bisa mudah menghitungnya dengan aplikasi dealer mobil online atau Tools simulai kredit online.

Dari aplikasi tersebut, pengguna akan mengetahui dan menentukan lama hingga berapa kali kredit yang diambil. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui besar uang muka yang akan dibayar.

Nah, itulah sedikit tips bagi Anda yang berencana melakukan kredit mobil. Melakukan pembelian secara kredit memang memudahkan, namun tetap saja harus dibarengi dengan kehati-hatian. Pahami betul prosedur dan ketentuan yang diberlakukan, jangan sampai salah memahami sistem kreditnya dan justru akan menimbulkan masalah di lain hari.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon