Rabu, 09 Januari 2019

Panduan Instalasi Windows 10 Untuk Laptop Secara Mandiri


Laptop atau notebook keluaran terbaru memang dibekali instal Windows 10 yang dirilis pihak Microsoft pada tahun 2016 lalu. Kalau Anda berniat membeli perangkat komputer bekas di pasaran dan ingin menginstal Windows 10 demi peningkatan kinerja dan fitur lebih mumpuni, bisa melakukannya sendiri. Namun, pastikan spesifikasi media Anda cocok untuk melakukan instalasi Windows 10 dengan panduan berikut ini.

1. Menyiapkan media penyimpanan untuk installer
Opsi media penyimpanan untuk installer Windows 10 beragam seperti keping DVD, CD dan Flashdisk. Flashdisk merupakan media installer yang paling umum digunakan dengan pilihan software seperti Rufus, Win to Flash dan lain-lain.

2. Mengatur Boot Device Priority ke media penyimpanan
Masuk ke BIOS laptop Anda yang masing-masing merek atau jenis memiliki cara masuk tampilan BIOS tersendiri. Jika Anda sudah masuk tampilan BIOS, pilih menu Boot dan pada pilihan boot priority setting, atur media penyimpanan yang Anda pilih pada urutan pertama.

Saat Anda keluar dari BIOS nanti, media akan mengalami restart sehingga Anda harus memastikan bahwa flashdisk atau keping CD telah terhubung. Setelah reboot, tekan tombol keyboard agar media Anda langsung memilih flashdisk atau CD sebagai installer.

3. Tahap awal instalasi
Pada tahap awal Windows 10 hendak digunakan, biarkan menu pengaturan tetap default dan lanjutkan klik Next dan pilih Instal Now.

4. Lisensi dan pilihan instalasi
Pada tahap selanjutnya, Anda harus memberi tanda centang pada pernyataan I accept the license terms dan pilih Next. Anda harus memilih pilihan Custom install windows only untuk melakukan intall Windows 10 baru. 

5. Bagi partisi Hard Disk
Langkah selanjutnya adalah membuat partisi dan menentukan partisi mana untuk install Windows 10. System reserved bakal tersaji otomatis saat Anda membuat partisi  misalnya partisi C dan D, lalu klik pilihan Next. Tunggu proses instalasi hingga selesai setelah pembagian partisi ini.

6. Restart laptop
Setelah proses instalasi laptop dengan Windows 10 selesai, laptop akan mengalami restart dalam 10 detik kemudian atau langsung klik Restart Now. Saat layar memunculkan tulisan Press an key to boot from CD or DVD, sebaiknya Anda tidak menekan tombol keyboard apa saja.

7. Pengaturan lanjutan
Jika Anda terkoneksi langsung dengan jaringan internet, bisa langsung mengisi product key. Tetapi, Anda yang tengah tidak terhubung jaringan internet tetap bisa melewatkan bagian ini sebab pengaturan aktivasi Windows bisa dilakukan setelah proses instalasi selesai. Klik pilihan Use Express Settings untuk masuk ke tahap selanjutnya.

8. Mengatur akun Windows 10
Proses instalasi laptop dengan Windows 10 hampir selesai sebab Anda hanya perlu mengatur akun Windows 10. Anda wajib mengisi halaman ini dengan informasi penting seputar password untuk membuka laptop dan menentukan nama perangkat komputer Anda. Klik Next.

9. Instal Windows 10 berhasil

Perangkat komputer Anda telah terinstal Windows 10 setelah Anda melihat halaman desktop Windows. Kini, Anda hanya perlu melakukan instal antivirus dan driver perangkat keras menggunakan jaringan internet. Anda bisa menggunakan perangkat komputer untuk berbagai keperluan baik bekerja, hiburan dan lain-lain. 

Cara instalasi Windows 10 pada media Laptop di atas bisa Anda jadikan bahan referensi yang praktis dan mudah. Pastikan media Anda telah memiliki spesifikasi yang cocok dengan intalasi Windows 10. Beberapa jenis komputer generasi terbaru sudah tidak bisa dipasang dengan windows 7 atau 8 sehingga Anda membutuhkan instal Windows 10 yang lebih modern dan diperbaharui pihak Microsoft.


EmoticonEmoticon